Lombok Utara

Lombok Utara

BANGSAL : Bangsal adalah dermaga umum yang menghubungkan pulau Lombok dengan Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan dan merupakan tempat snorkeling dan menyelam yang berada di Barat-Laut Pesisir Lombok.
GILI AIR, MENO, dan TRAWANGAN : Gili-gili ini merupakan wilaya-wilayah pulau yang berdekatan satu sama lainnya. Berjarak kurang lebih 20 km kearah Utara Senggigi. Dengan beberapa pulau memiliki pantai-antai yang menawan dan para penyelam harus berterimakasih untuk terumbu karang yang luas yang mengelilingi pulau dan didaerah ini merupakan rumah bagi koral biru. Koral ini hanya tumbuh di 2 tempat didunia yaitu laut Karibia dan disini didalam laut, tepatnya di timur Gili Meno. Dengan perahu tradisional yang diberangkatkan dari Bangsal atau ferry khusus dari Senggigi kita dapat sampai di pulau-pulau ini (± 15-30 menit dari bangsal / 1 jam dari Senggigi) Gili Trawangan adalah tempat yang paling mewah dan memiliki akomodasi yang relatif murah serta memiliki banyak pilihan aktivitas bagi anak-anak muda, dibandingkan Gili Air dengan tingkat harga akomodasi yang lebih tinggi. Gili Meno memilki taman burung merupakan daerah yang paling akhir dikembangkan dan masih belum teratur akan tetapi merupakan tempat yang paling tepat untuk bersantai.
BAYAN : Merupakan tempat lahirnya kepercayaan Watu Telu, Bayan yang daerahnya masih tensolir cenderung tenang dari keramaian pulau ini. Berada dekat dengan Senaru salah satu tempat pemberangkatan untuk pendakian ke Gunung Rinjani.
SENARU : Pemberangkatan pendakian kegunung Rinjani bisa dimulai di bagian Utara Senaru dengan 2 atau 3 hari pendakian ke arah barat dengan seclikit turunan untuk menuju kesebuah danau yang mengagumkan sebelum melanjutkan kembali pendakian sampai ke puncak. (alternatif lain untuk rute lain Yang langsung menuju ke puncak bisa dari Sembalun) pusat informasi pedakian berlokasi disini dimana kita juga bisa menyewa porter dan perlengkapan yang selalu tersedia.
GUNUNG RINJANI : Berdiri dengan megah dengan ketinggian ± 3726 m gunung ini merupakan puncak tertinggi ke-2 di Indonesia. Untuk masyarakat Lombok khususnya suku Sasak dan Bali menganggap gunung ini merupakan tempat mistik yang puncaknya di diami oleh roh-roh keramat. Untuk mendakinya walaupun masih tergolong aktif merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Para pendaki lebih banyak memilih memulai pendakian di Senaru dan turun di Sembalun atau putar balik yangjuga merupakan rute turun dengan panorama yang indah permai sampai akhir perjalanan.
DANAU SEGARA ANAK : Sebuah danau besar Segara Anak, berlokasi diketinggian ± 2000 m dari alas permukaan laut di dalam gunung Rinjani banyak dikunjungi oleh peziarah/pendaki yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah disamping danau untuk memberikan sesajen pada dewa didasar danau. Didalam danau yang mempesona ini terlihat sebuah gunung volcano aktif baru Gunung Barujari didekatnya terdapat sumber air panas yang percaya mampu mengobati penyakit.
TIU PUPUS : Berlokasi di Barat-Laut Lombok, air terjun Tiu Pupus dan Tiu Teja dapat dikunjungi dengan sekali perjalanan ke Timur. Keduanya menawarkan panorama alami yang indah dan air yang sejuk untuk berenang.
SINDANG GILA dan AIR TERJUN TIU KELEP : Air terjun Sindang Gila telah terkenal sejak kita mengunjungi Senaru dan berada di bagian utara dari lokasi pemberangkatan trekking ke gunung Rinjani. Jalan-jalan kecil untuk turun ke air terjun Sindang Gila menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Tidak jauh dari sana terdapat juga air terjun Tiu Kelep yang memberikan penawaran yang sama dengan air terjun Sindang Gila, dengan airnya yang sejuk menyegarkan untuk berenang. Pemandu lokal selalu tersedia disini untuk memandu kita ke tempat ini. Penginapan dan restoran berlokasi di dekat areal masuknya.
0 Responses

Tuliskan Komentar ya.......